Selasa, 01 November 2011

Mengenal ISP (Internet Service Provider )

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.

Hal - hal yang harus diperhatikan dalam memilih ISP :
  1. Memiliki izin resmi dari Ditjen Postel Depkominfo RI seperti izin prinsip, izin laik operasi dan izin penyelenggaraan modern
  2. Memiliki SLA (Service Level Agreement) setidaknya 95% dalam sebulan
  3. Memiliki layanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun
  4. Memiliki tenaga dukungan teknis (technical support) yang melayani 24 jam sehari
  5. Memiliki kantor resmi atau perwakilan di kota yang bersangkutan
  6. Memiliki kontrak layanan minimal sesuai dengan SLA untuk memudahkan proses hukum, berlangganan, mekanisme komplain dan restitusi
  7. Tergabung dalam asosiasi PJI, di Indonesia adalah Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (AJII)

*Ragam Layanan ISP :
A. Dial up 
Layanan dial-up adalah cara yang paling murah untuk mengakses Internet, namun juga yang paling lambat. Dengan layanan dial-up, sebuah ISP akan menyediakan akses Internet melalui saluran telepon yang ada menuju PC modem. Meskipun harganya terjangkau, kendala modem adalah halaman web akan terbuka perlahan-lahan. Beberapa situs web dengan banyak video atau grafis mungkin memiliki waktu lama/sulit loading sama sekali.
Selain itu, layanan dial-up mengharuskan Anda menggunakan saluran telepon untuk dial ke server sebelum Anda mengakses Internet, yang dapat mengambil waktu dari beberapa detik hingga menit. Kemudian, bahwa saluran telepon adalah “terikat” dan saling mengganggu dengan panggilan masuk. Jika Anda hanya menggunakan Internet untuk mengecek email Anda dan kadang-kadang melihat situs lain, dial-up connection dapat melayani kebutuhan Anda. Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu online, Anda harus mempertimbangkan pilihan lain tetapi hanya jika anggaran Anda memungkinkan.

B. DSL
DSL, atau Digital Subscriber Line, menyediakan layanan internet melalui saluran telepon. Dengan layanan DSL, Anda dapat berbicara di telepon dan mengakses Internet pada saat yang sama dan ini adalah salah satu keuntungan yang besar dengan DSL. DSL dikategorikan sebagai layanan broadband, yang mengacu pada kecepatan tinggi yang memungkinkan koneksi internet untuk transmisi data pada tingkat 10-50 kali lebih cepat daripada layanan dial-up. Dengan DSL, Anda tidak perlu menunggu modem untuk dial dan terhubung dengan server, tetapi memiliki akses ke Internet tanpa menunggu jika komputer Anda aktif. Load halaman web dengan cepat dan Anda akan menemukan bahwa adalah mudah untuk men-download dan meng-upload file melalui Internet.

C.Kabel 
Akses internet dengan kabel disediakan melalui perusahaan kabel TV lokal dan ditransfer melalui TV kabel. Jangan khawatir meskipun – mengakses internet melalui layanan kabel tidak akan mempengaruhi kebiasaan menonton TV. Dan, jika Anda tidak memiliki TV kabel, Anda masih dapat membeli layanan Internet kabel asalkan tersedia di wilayah Anda. Sama seperti DSL, layanan broadband ini akan selalu terhubung jika komputer Anda on! Dengan akses kabel, load halaman web dengan cepat dan Anda akan merasa mudah untuk men-download dan upload file. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa layanan akses kabel Anda dapat dipengaruhi oleh orang lain yang menggunakan jalur kabel yang sama seperti Anda. Sebagai contoh, jika 20 rumah tangga di dekat rumah anda sedang online 7 orang, Anda mungkin menyadari bahwa mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk men-download file besar. Hal ini karena akses kabel adalah layanan bersama, namun di kebanyakan daerah, ini tidak akan mempengaruhi pengalaman internet.

D.Satelit  
Koneksi jenis ini memanfaatkan satelit yang biasa duigunakan untuk mentransmisikan siarav televisi sebagai media saluran internet. Komunikasi satelit biasanya digunakan untukj lokasi-lokasi tertentu yang tidak terjangkau olerh kabel, baik analog/digital maupun fiberoptic. Kecepatan yang diperoleh dari koneksi ini iatas 6 Mbps, dan biaya pemanfaatannya sangat mahal.

E. Wireless
Saat ini layanan internet wireless sedang popular di Indonesia. Menggunakan wireless radio cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan layanan internet cepat tanpa kerepotan kabel. Biasanya ISP yang menyediakan ini karena mereka dapat menyediakan koneksi internet cukup murah tanpa adanya pihak ketiga seperti DSL dan Cabel. Anda membutuhkan sebuah wireless radio dan antena yang memadai. Harga untuk keneksi type ini sangat bervariasi . untuk personal umumnya sekitar 200-500 ribu sampai 1 juta. Akses yang diberikan juga beragam ada limited perjam/menit ada yang unlimited tanpa batas perbulan.

F.GPRS/3G
Koneksi type ini juga bisa dibilang wireless, yaitu dengan menumpang jalur operator seluler, koneksi tipe ini dapat memberikan  layanan internet yang cukup memadai bagi pemakai rumahan dan mereka yang sering berpergian. Dengan bermodalkan laptop dan handphonen 3G atau modem 3G, anda bisa mengakses internet dari mana saja, kapanpun darimana saja, kapanpun kita mau. Harga yang ditawarkan untuk layanan GPRS unlimited berkisar 275 hingga 350 ribu rupiah perbulannya. Untuk layanan 3G sangat variatif dan umumnya dihitung berdasarkan quota (pemakainya).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar